oleh

Begini Upaya Mahasiswa KKN Unhas Berdayakan UMKM di Daerah Polongbangkeng Selatan

-News-57 views

Takalarinfo.com, Takalar – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Hasanuddin penempatan wilayah Kecematan Polongbangkeng Selatan sukses menggelar program kerja di bidang ekonomi, yakni pemberdayaan dan peningkatan UMKM melalui program kerja dengan tema “UMKM Naik Level”. Dilaksanakan di tiga Kelurahan berbeda di Kecematan Polongbangkeng Selatan, yakni Kelurahan Bulukunyi, Canrego dan Kelurahan Pabundukang, Kecematan Polongbangkeng Selatan, Kab. Takalar sejak 5-11 Agustus 2022.

Program kerja tersebut bertujuan untuk meningkatkan dan mengupayakan UMKM yang berada di Daerah agar melek digital dan pengelolaan finansial. Harapannya dengan program tersebut mampu membangun UMKM yang berdaya saing di era indutri dan meningkatkan taraf ekonomi masyarakat Desa.
“kami menyadari betul bahwa Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) merupakan sektor usaha yang memiliki peranan penting dalam struktur perekonomian nasional dengan penyerapan tenaga kerja sebanyak 117 juta pekerja atau setara dengan 97%. Dengan jumlah sebanyak itu tentunya perlu diadakan pendampingan dan sinergitas dari berbagai elemen pemerintah dan masyarakat sebagai wujud peningkatan UMKM khususnya di tingkat Daerah”. Tutur Arialdi Iskandar selaku Koordinator Wilayah Polongbangkeng Selatan.

Sebagai upaya untuk menaikkan level UMKM, maka mahasiswa KKN melalui program kerjanya menyediakan empat kegiatan utama yang tak lain merupakan fondasi dalam meningkatkan UMKM menuju era industri 4.0 dan berdaya saing secara global. Program tersebut yakni, Pelatihan Buku Kas Keuangan, Pelatihan Pembuatan poster/spanduk pemasaran, pembuatan marketplace usaha, dan pembuatan titik google Maps lokasi usaha.

Kegiatan tersebut merupakan upaya pengembangan dan peningkatan usaha bagi pelaku UMKM khususnya dengan mengetahui fondasi dalam membangun usaha agar mampu bertahan dan mengalami keberlanjutan usaha.
“Sengaja kami buka program ini untuk memperkuat fondasi usaha bagi pelaku UMKM di Daerah khususnya dalam pengelolalaan finansial dan pemanfaatan teknologi seperti pembuatan tokoh di Marketplace maupun melakukan penjualan secara online dengan menggunakan berbagai media sosial seperti Instagram maupun Facebook.”Jelas Muhammad Huda selaku Mahasiswa Manajemen Unhas sekaligus sebagai penanggungjawab kegiatan.

Pelatihan keuangan dan penggunaan teknologi merupakan aspek yang sangat penting bagi kemajuan usaha UMKM. Maka dari itu, setiap pengusaha harus memahami pengelolaan keuangan dengan baik.

Terakhir, tim KKN UNHAS pun memberikan buku besar kepada setiap pelaku usaha agar memudahkan dalam pencatatan keuangan usaha.

*Penulis: Rismawati Nur

Bagikan:

Komentar